Rabu, 05 Mei 2010

RPP IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SDN MENURAN 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Hari / Tanggal : 13 April 2010


A. Standar Kompetensi
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekita, misalnya
kecoak, nyamuk, kupu-kupu dan kucing

C. Indikator
- Mendiskripsikan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoak secara sederhana.
- Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua berubah bentuk
dengan cara yang sama

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai siswa mampu:
1. Menjelaskan daur hidup hewan.
2. Membedakan tahap-tahap daur hidup beberapa macam hewan
3. Menjelaskan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

E. Materi Pembelajaran
1. Tahapan Daur Hidup Hewan
2. Metamorfosis Sempurna
3 Metamorfosis Tidak Sempurna

F. Metode
1. Demonstrasi
2. Tanya Jawab

G. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
1. Motivasi
Guru menggali pengetahuan peserta didik dengan menanyakan perubahan
manusia dari bayi sampai dewasa. Guru menjelaskan bahwa semua makhluk
hidup selalu mengalami perubahan selama hidupnya, tidak terkecuali lalat.
2. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
1. Guru bertanya kepada peserta didik yang mempunyai hewan peliharaan
Ayam atau kucing.
2.. Guru menyiapkan gambar-gambar tentang daur hidup hewan, seperti lalat,
nyamuk, kupu-kupu dan kecoak. Bagian belakang gambar berperekat agar
dapat ditempelkan pada papan tulis.
3. Guru memberikan pertanyaan lisan kepada peserta didik mengenai
pengertian daur hidup. Beberapa peserta didik di minta untuk
mengemukakan pendapatnya
4. Guru menyiapkan daur hidup hewan yang lain, misalnya nyamuk . salah
seorang peserta didik di tunjuk ke depan kelas untuk menempelkan gambar-
gambar tersebut pada papan tulis secara berurutan dari tahap muda sampai
dewasa.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
2. Guru mengadakan uji kompetensi secara tertulis. .

H. Sumber Belajar
1. Buku IPA 4 Kelas IV SD, Budi Wahyono dkk
2. Buku IPA Kelas IV SD , Sri Lestari
3. Gambar daur hidup hewan


I. Penilaian Hasil Belajar
A. Tes Tertulis
1. Apa yang dimaksud dengan daur hidup?
2. Samakah daur hidup yang dialami setiap hewan ?
3. Jelaskan daur hidup kecoak !
4. Teluir kecoak menetas menjadi ....
5. Sebutkan 2 macam metamorfosis ....
6. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari....
7. Telur nyamuk ketika sudah menetas menjadi....
8. Pupa dapat berpindah karena ....
9. Gambarkan daur hidup kecoak secara sederhana....
10.Sebutkan dua hewan yang mengalami metamorfosis sempurna !

Kunci Jawaban
1. Tahapan-tahapan yang dilalui oleh makhluk hidup secara berkesinambungan
2. Tidak
3. Telur dalam selubung menjadi tempayak dan kecoak dewasa
4. Kecoak muda ( tempayak )
5. Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna
6. Telur menetas menjadi ulat kemudian menjadi kepompong setelah itu menjadi kupu
kupu
7. Jentik-jentik ( tempayak )
8. Gerakan aliran air
9. Gambar daur hidup kecoak
10. Kupu – kupu dan nyamuk

Sukoharjo, 10 April 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV


SUPARDI, S.Pd ERNAWATI
NIP. 19550212 197512 1 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar