Rabu, 05 Mei 2010

RPP IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SDN MENURAN 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Hari / Tanggal : 13 April 2010


A. Standar Kompetensi
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekita, misalnya
kecoak, nyamuk, kupu-kupu dan kucing

C. Indikator
- Mendiskripsikan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoak secara sederhana.
- Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua berubah bentuk
dengan cara yang sama

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai siswa mampu:
1. Menjelaskan daur hidup hewan.
2. Membedakan tahap-tahap daur hidup beberapa macam hewan
3. Menjelaskan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

E. Materi Pembelajaran
1. Tahapan Daur Hidup Hewan
2. Metamorfosis Sempurna
3 Metamorfosis Tidak Sempurna

F. Metode
1. Demonstrasi
2. Tanya Jawab

G. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
1. Motivasi
Guru menggali pengetahuan peserta didik dengan menanyakan perubahan
manusia dari bayi sampai dewasa. Guru menjelaskan bahwa semua makhluk
hidup selalu mengalami perubahan selama hidupnya, tidak terkecuali lalat.
2. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
1. Guru bertanya kepada peserta didik yang mempunyai hewan peliharaan
Ayam atau kucing.
2.. Guru menyiapkan gambar-gambar tentang daur hidup hewan, seperti lalat,
nyamuk, kupu-kupu dan kecoak. Bagian belakang gambar berperekat agar
dapat ditempelkan pada papan tulis.
3. Guru memberikan pertanyaan lisan kepada peserta didik mengenai
pengertian daur hidup. Beberapa peserta didik di minta untuk
mengemukakan pendapatnya
4. Guru menyiapkan daur hidup hewan yang lain, misalnya nyamuk . salah
seorang peserta didik di tunjuk ke depan kelas untuk menempelkan gambar-
gambar tersebut pada papan tulis secara berurutan dari tahap muda sampai
dewasa.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
2. Guru mengadakan uji kompetensi secara tertulis. .

H. Sumber Belajar
1. Buku IPA 4 Kelas IV SD, Budi Wahyono dkk
2. Buku IPA Kelas IV SD , Sri Lestari
3. Gambar daur hidup hewan


I. Penilaian Hasil Belajar
A. Tes Tertulis
1. Apa yang dimaksud dengan daur hidup?
2. Samakah daur hidup yang dialami setiap hewan ?
3. Jelaskan daur hidup kecoak !
4. Teluir kecoak menetas menjadi ....
5. Sebutkan 2 macam metamorfosis ....
6. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari....
7. Telur nyamuk ketika sudah menetas menjadi....
8. Pupa dapat berpindah karena ....
9. Gambarkan daur hidup kecoak secara sederhana....
10.Sebutkan dua hewan yang mengalami metamorfosis sempurna !

Kunci Jawaban
1. Tahapan-tahapan yang dilalui oleh makhluk hidup secara berkesinambungan
2. Tidak
3. Telur dalam selubung menjadi tempayak dan kecoak dewasa
4. Kecoak muda ( tempayak )
5. Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna
6. Telur menetas menjadi ulat kemudian menjadi kepompong setelah itu menjadi kupu
kupu
7. Jentik-jentik ( tempayak )
8. Gerakan aliran air
9. Gambar daur hidup kecoak
10. Kupu – kupu dan nyamuk

Sukoharjo, 10 April 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV


SUPARDI, S.Pd ERNAWATI
NIP. 19550212 197512 1 004

RPP IPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SDN MENURAN 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit ( 1X Pertemuan )
Hari/Tanggal : Senin , 12 April 2010

A. Standar Kompetensi :
memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
Kabupaten / kota dan propinsi

B. Kompetensi Dasar :
Membaca peta lingkungan setempat ( kabupaten / kota , propinsi )

C. Indikator :
Menjelaskan pengertian peta dan komponennya

D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran , siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian peta
2. Mengidentifikasi komponen-komponen pada peta
3. Menggambar peta lingkungan propinsi setempat

E. Materi pembelajaran
1. Pengertian peta
2. Komponen-komponen peta

F. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tugas
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan ( 10 Menit )
Apersepsi : Siswa diminta untuk menggambarkan denah rumah masing-
masing Siswa
Motivasi : Siswa diminta untuk saling menukar gambar denah rumahnya
kemudian guru bertanya ’Dapatkah kalian membaca denah
rumahmu?” ,. ”Menghadap ke arah mana rumah temanmu?’.
b. Kegiatan Inti ( 40 Menit )
1.Mengamati peta provinsi yang di pajang di depan
2.Siswa mengartikan peta dengan bahasanya sendiri
3.Siswa mencari dan menemutunjukkan komponen-komponen pada peta
4.Saling tukar informasi letak komponen-komponen sesuai dengan petanya
masing- masing (membandingkan)
5.Membuat rangkuman untuk dicatat.
c. Penutup ( 20 Menit )
1.Penilaian
2.Refleksi : Siswa mampu mendiskripsikan pengertian peta dan
menemutunjukkan komponen peta.

H. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Kelas IV Hal 1-18
2. Peta
3. Denah

I. Penilaian
A. Tes Tertulis
1. Apa yang dimaksud dengan peta itu?
2. Dimanakah letak judul peta ?
3. Terletak dimanakah arah utara pada peta ?
4. Apakah fungsi kompas itu ?
5. Apakah kegunaan atau manfaat peta itu?
B. Tes Unjuk Kerja
1. Siswa diminta menggambar denah rumah kemudian di depan kelas
menjelaskan letak rumah dengan bahasanya sendiri.
Sukoharjo, 10 April 2010

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV



SUPARDI, S Pd ERNAWATI
NIP. 19550212 197512 1 004

























RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1


Nama Sekolah : SDN MENURAN 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Hari / Tanggal : Kamis , 15 April 2010

A. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan propinsi

B. Kompetensi Dasar
Membaca peta lingkunan setempat ( kabupaten/kota dan propinsi) dengan
menggunakan skala sederhana.

C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian peta dan komponennya
2. Menggambar peta lingkungan provinsi setempat.

D. Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan perbaikan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian peta
2. Mengidentifikasi komponen-komponen pada peta
3. Menggambar peta lingkungan provinsi setempat

E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian peta
2. Komponen-komponen peta


F. Metode
1. Tanya jawab
2. Demonstrasi
3. Penugasan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan (10 Menit)
Apersepsi : Sebutkan komponen-komponen peta !
Motivasi : Cerita tentang keadaan sekitar dengan arah dan petunjuk yang
jelas bersama anak menggambar perkiraan lokasi yang di
ceritakan guru pada papan tulis.
b. Kegiatan Inti (40 Menit)
1. Siswa mengamati peta provinsi yang di pajang di depan kelas.
2. Guru menjelaskan kembali tentang pengertian peta serta komponen-
komponen yang ada pada peta.
3. Siswa mencari dan menemutunjukkan kota-kota provinsi pada peta.
4. Guru memberikan soal kepada siswa
5. Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru.
c. Penutup (20 Menit)
1. Penilaian
2. Membuat rangkuman untuk dicatat.

H. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Kelas IV Hal 1-18
2. Peta Provinsi
3. Denah

I. Penilaian
A. Tes Tertulis
1. Kata lain dari peta adalah.....
2. Buku kumpulan dari berbagai macam peta disebut......
3. Jika kita berdiri menghadap ke barat, maka sebelah kiri kita adalah arah.....
4. Gambaran permukaan bumi diatas kertas disebut.......
5. Jarum pedoman atau garis yang menunjukkan arah suatu tempat disebut.......
B. Tes Unjuk Kerja
1. Siswa di minta menggambar denah rumah beserta letaknya berdasarkan arah
mata angin

Kunci Jawaban
A. Tes Tertulis
1. Map
2. Atlas
3. Arah mata angin
4. Peta
5. Mata angin


Sukoharjo, 13 April 2010

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV



SUPARDI, S Pd ERNAWATI
NIP. 19550212 197512 1 004












RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II


Nama Sekolah : SDN MENURAN 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Hari / Tanggal : Senin, 19 April 2010

A. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan propinsi

B. Kompetensi Dasar
Membaca peta lingkunan setempat ( kabupaten/kota dan propinsi) dengan
menggunakan skala sederhana.

C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian peta dan komponennya
2. Menggambar peta lingkungan provinsi setempat.

D. Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan perbaikan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian peta
2. Mengidentifikasi komponen-komponen pada peta
3. Menggambar peta lingkungan provinsi setempat

E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian peta
2. Komponen-komponen peta


F. Metode
1. Demonstrasi
2. Diskusi
3. Penugasan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan (10 Menit)
Apersepsi : Dimanakah Ibukota provinsimu ?
Motivasi : Mengingat kembali materi pembelajaran tentang pengertian peta.
b. Kegiatan Inti (40 Menit)
1. Siswa mengamati peta provinsi yang di pajang di depan kelas.
2. Guru meminta 3 siswa untuk menunjukkan ibu kota provinsi yang berbeda
3. Guru menjelaskan letak ibukota provinsi dengan menunjukan pada peta
4. Siswa menemutunjukkan komponen-komponen pada peta
5. Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok diskusi
6. Guru memberikan soal untuk dikerjakan secara berkelompok
7. siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas
c. Penutup (20 Menit)
1. Siswa mengerjakan tugas dari guru
2. Membuat rangkuman untuk dicatat.

H. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Kelas IV Hal 1-18
2. Peta Provinsi
3. Denah

I. Penilaian
A. Tes Unjuk kerja
B. Tes Tertulis
a. Tes Unjuk kerja
1. Gambarlah peta propinsi Jawa Tengah beserta nama kotanya
b. Tes Tertulis
1. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan peta
2. Pelabuhan merak terdapat di propinsi
3. Sebutkan enam unsur yang terdapat dalam sebuah peta !
4. Pulau bali terletak di sebelah ... Pulau Jawa
5. warna cokelat pada peta adalah simbol untuk ....
Kunci Jawaban
A. Tes Tertulis
1. Peta adalah gambaran / lukisan pada kertas dan bahan lainnya yang
menunjukkan letak tanah, gunung, laut, sungai dan sebagainya
2. Provinsi Banten
3. Judul peta, garis tepi peta, legenda, skala, penunjuk arah dan garis Astronomis
4. Timur
5. Daerah pegunungan


Sukoharjo, 16 April 2010

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV



SUPARDI, S Pd ERNAWATI
NIP. 19550212 197512 1 004

.

ULTAH TEMEN KU

Selamat ulang tahun yang ke- 20
Just for you Dita
Semoga tambah cantik dan tambah dewasa

Dan yang ketinggalan semoga semakin disayang Fandi

Saya sebagai Fandita lovers selalu mendoakan agar kalian langgeng
Ingat udah dewasa g boleh marah-marahan, semua masalah dapat diselesaikan tanpa marah



fandita lovers

kata mutiara

La taqul ful qabla an yashbaha fil makyul. Artinya: jangan pernah berhenti berusaha sebelum semuanya berakhir.

Al?ajalah minasy syaithan. Artinya: tergesa-tergesa atau terburu-buru
itu pekerjaan setan.

Fil ittihad quwwah. Artinya: persatuan puncak kekuatan.

Alghariq yatamassaku bi hiba lil hawa?. Artinya: orang yang tenggelam hanya bisa berpegang dengan udara.

Almu?amalah bit mitsli (kama tarani ya jamil araka). Artinya: bergaul itu harus bisa mengimbangi.

Man ya?isy thawil yara katsir. Artinya: semakin tua, semakin berpengalaman.

ATain bil ?ain. Artinya: kebaikan harus dibalas kebaikan.

Alwaqi/ah khayr minal ?ilaj. Artinya: mencegah lebih baik daripada mengobati.

Man jadd wajada. Artinya: siapa yang berusaha pasti akan berhasil.

Man ghaba ‘ anil ?ain sallahul qalb. Artinya: jauh dimata, dekat di hati.

Tha?irukum ma?akum. Artinya: keberuntungan sedang tidak bersamamu.

Haitsuma tastaqim yuqaddirillahu ?alayka najahan. Artinya: bila serius dan tekun pasti sukses.

Adhdharurah tubihul mahzhur. Artinya: kondisi darurat membolehkan yang dilarang.

Fakkir qabla an tatakalla. Artinya: pikir dahulu sebelum berkata.

Qablar rima? tumala?ul kana?in. Artinya: sedia payung sebelum hujan.

La taj?al yadaka maghlulatan ila ?uniqika wala tabsuthha kullal basth. Artinya: jangan pelit dan jangan boros.

Ittaqillaha haytsuma kunta. Artinya: bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu~berada.

La yus?alu ?amma yafalu wa hum yus?alun. Artinya: Dia (Allah) tidak ditanyai tentang apa yang dilakukanNya. Justru manusia yang akan ditanyai.

Ashshadiq waqtadh diq. Artinya: di waktu susahlah teman sejati teruji.



belajar kata mutiara , aku belajar karena aku ingin kelihatan pandai di mata temen ku

puisi

Impian Cinta



Saat malam sunyi
Angin sepoi sepoi menghampiri
Aku berharap kau datang
Datang dalam kesendirianku
memberikan warna cerah kehidupanku

tak mudah untuk mendapatkanmu
begitu sulit untuk mengapaimu
penuh rintangan dan cobaan
mungkin ini butuh pengorbanan

semangat dan tekad ku jadikan satu
untuk menjadi senjata
untuk menjadi impian agar terwujud

cerita remaja

Benci ( bener – bener Cinta )

Semenjak Aris ditinggal Dita pindah sekolah ke luar kota karena mengikuti tempat ayahnya bekerja. Ayah Dita seorang manager perusahaan yang ditempatkan di Jakarta. Sikap Aris pun menjadi berubah total, dimana ia dulu anak ramah, sikap cuek, acuh tak acuh jadi melekat pada dirinya . Aris adalah anak kelas 2 di SMA 90 Bandung

Bel berbunyi pertanda masuk kelas untuk menerima pelajaran dari guru. Kelas gaduh banyak siswa yang menceritakan pengalaman liburan kenaikan kelas. Kemudian Ibu Anisa memberikan pelajaran tentang Aljabar . terdengar suara tok..tok..tok.. di balik pintu.

Assalamu’alaikum . Wassalamu’alaikum jawab bu Nita. Terlihat dari luar ada Bapak Yusuf dengan seorang siswi. ” Perkenalkan ini adalah teman baru kalian , dia bernama Muna Pramitanisa pindahan dari SMA 7 Semarang , agar Muna bisa cepat beradaptasi dan mengetahui sekolah ini, saya akan menunjuk Aris untuk mengajak Muna mengeliling sekolah ini ”kata pak Yusuf sambil menunjuk Aris.
Semua teman mengajak Muna berkenalan. Tapi aris malah kesal dengan Muna. ” Kenapa harus aku yang ditunjuk ” gumam Aris.

Suatu hari di kelas saat istirahat Muna, Ima, Lisa, dan Rina sedang mengobrolkan tentang tempat makan yang enak dengan tertawanya mereka tidak sadar kalau di kelas juga ada Aris yang tidak suka dengan kebisingan. Aris pun mulai marah dan membentak ” kalau ngobrol bisa pelan tidak sih ,menganggu tahu”.

” Kenapa sih Aris itu kok beda dari teman-teman yang lain ” tanya Muna dengan sedikit perasaan penasaran. ” Semenjak ia ditinggal kekasihnya, ia menjadi berubah ” jawab Ima. Pelajaran Biologi diampu oleh Ibu Sofia, Beliau memberikan tugas kelompok yang terdiri dari 2 orang. Tugas ini dikumpulkan minggu depan . Muna binggung memilih teman untuk dijadikan teman kelompok, sehingga dia hanya bisa diam menunggu temanyang lain yang belum terdaftar.

Ibu Sofia pun bertanya kepada siswa yang belum menemukan kelompok agar tunjuk jari. Tidak sengaja Muna dan aris pun secara bersamaan tunjuk jari pertanda belum mendapatkan kelompok. ” Berhubung belum mendapatkan kelompok maka kalian menjadi kelompok ” ujar Ibu Sofia.Perasaan sebal dan kesal kepada Muna pun mendekam di hati Aris. Perasaan Muna kebalikan perasaan aris, dia senang karena menjadi kelompok orang yang dianggapnya pandai.

Pembentukan struktur kelas dilakukan melaui Votting. Maka dipilhlah sebagai calonnya Aris,Ima, dan Muna. Hasil suara terbanyak didapat oleh Aris, dan yang kedua Ima, dan yang ketiga adalah Muna. Maka diputuskan Aris sebagai Ketua Kelas, Ima sebagai Bendahara, dan Muna sebagai Sekretaris.

Semenjak Muna dan Aris menjadi Penggurus kelas, Aris bertambah benci dengan Muna. Berbagai macam cara dilakukan oleh aris agar menjauh dengan Muna, namun semua gagal . ” Kamu sudah menjadi Team work dengan Muna, bekerjalah secara profesional, janganlah berlaku kasar terhadap Muna, ” nasehat Tito kepada Aris. Aris pun mulai bicara ” Muna itu mengingatkan aku dengan Dita. Semua permasalahan dapat dilakukan secara damai tanpa rasa benci. Bila rasa benci itu selalu kau tanam maka kamu akan merasakan kebalikannya yaitu rasa cinta yang mendalam kepadanya. Tito menyarankan agar Aris belajar melupakan Dita, walaupun itu sulit dan berat tapi itu adalah kenyataan yang harus kamu alami.

Rumah Muna dan Aris berseberangan jadi memudahkan untuk mengerjakan tugas kelompok. Dan tidak jarang para guru menjadikan mereka teman tugas kelompok. Lambat laun terbuktilah perkataan Tito timbullah rasa suka diantara mereka.